Apa yang Anda mau, cari di sini...!

Makanan Khas Dan Wisata Kuliner Balik Papan

Salam sejahtera buat Sahabat Dumay dan seluruh Pembaca di manapun Anda berada, tak lengkap  rasanya jika punya waktu dan duit lalu tidak melancong jalan-jalan ke luar daerah, minimal ketemu keluarga atau kerabat yang ada di seberang sana. Atau paling tidak, kunjungan wisata kuliner di berbagai tempat, mau nikmati makanan khas tertentu di sebuah daerah, misalnya.

Belakangan ini, tempat kunjungan Wisata Kuliner kian maju dan berkembang di masing-masing daerah, dan menariknya lagi karena sarana transportasi darat, laut dan udara sebagai penunjang juga semakin maju tinggal milih yang mana kita inginkan. Mau lewat darat, tentu kita akan memilih sarana angkutan atau kendaran yang bisa membuat rasa aman dan nyaman. 
Saat ini para pengguna jasa angkutan dan pemakai kendaraan peribadi kebanyakan lari ke mobil yang bermerk Daihatsu. Terios dan  Xenia sudah hampir dominasi tempat-tempat parkir di setiap area wisata kuliner dan tempat wisata lainnya. Penulis sendiri pernah coba jenis Xenia, hehe…. maaf status rental maklum belum punya mobil pribadi, ternyata memang nyaman selain hemat, lincah juga mudah dikendalikan.  

Yuk….! Kita jalan-jalan ke Kota Balikpapan, soalnya banyak yang menarik di sini, selain ingin melihat ibu kota Propinsi Kalimantan Timur ( Kaltim ) yang tekenal dengan kota minyak itu, juga memiliki obyek wisata cukup lumayan. Ini salah satunya, Pantai Melawai sekitar kota Balikpapan yang dulunya begitu sepi kini terpoles menjadi hunian Wisata Kuliner. Para pedagang menjual berbagai jenis makanan dan minumanyang begitu nikmat dengan harga relatif murah tapi bukan murahan.

Pengunjung pun bisa duduk santai bersantap dengan beralaskan tikar sambil menikmati pemandangan laut, gelombang dan deburan ombak yang saling kejar-mengejar silih berganti tak pernah putus disamping menyaksikan kapal-kapal yang berlayar maupun yang sedang bongkar muatan di Pelabuhan Semayang, hehe… asyik, ya…? itu jika anda mampir di waktu pagi/siang atau di sore hari, lain lagi halnya ketika anda hanya punya waktu untuk mampir di malam hari, dengan sentuhan cahaya lilin menjadikan pantai ini sebuah pilihan untuk menikmati makan malam dengan Susana alam terbuka, apa lagi bersama pasangan baru, wuah… pasti jadi catatan penting buat seumur hidup, deh….

Masih sekitar kota, ada lagi namanya Pantai Manggar Segarasari dengan air lautnya  yang jernih, riak ombak gelombang kecil serta pasirnya yang putih, merupakan tempat yang nyaman bagi yang ingin bermain, berlayar maupun volley pantai. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, hehe… tapi kalau mau pakai mobil sewaan atau rental, jangan lupa pesan Seponsor “ mau hemat, nyaman dan aman, gunakan Daihatsu “ pokoknya dijamin puas, mengingat jarak pantai ini sekitar 22 km dari pusat kota Balikpapan, cukup lumayan untuk santai.
Masuk kota mau istirahat atau nginap, tidak perlu susah-susah cari tempat, di kota ini juga tersedia berbagai tempat istirahat, tapi kalau mau yang lebih exlusif, ya…. kita langsung aja ke Jln. Jenderal Sudirman Balikpapan di sini ada hotel “Le Grandeur Balikpapan” hotel yang berada di tepi pantai berpasir indah persis menghadap ke Selat Makassar. hotel ini memiliki lokasi yang nyaman aman, dan juga strategis berada di jantung kota. Le Grandeur merupakan salah satu hotel terbaik di Balikpapan dan tidak jauh dari bandara internasional balikpapan juga pusat bisnis kota balikpapan yang dapat ditempuh dengan jarak waktu berkendara hanya sekitar 5 sampai 10 menit.
Kemewahan lain yang bisa dinikmati apabila anda bermalam di hotel ini, 185 kamar tamu yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, tentunya dengan kenyamanan yang berkualitas. TV, wi-fi, telpon sambungan internasional, mini bar, coffemaker menjadi fasilitas kelas satu dan standar di setiap kamar tamu. Untuk kenyamanan ekstra Anda bisa memilih salah satu kamar di landmark rooms dan suites, Kamar ini menyediakan kamar mandi ekstra besar dengan shower terpisah dan dapat menikmati pemandangan laut yang indah.
Di hotel ini sangat lengkap mulai dari lapangan tenis berstandar internasional, kolam renang yang berada di ruang terbuka dan memiliki akses menuju pantai  yang masih berada dalam kawasan hotel ini, dan ruang fitness menyediakan alat-alat yang lengkap dengan system komputerisasi canggih dan tak kalah menariknya karena kita bisa bersantap menikmati sajian kuliner yang tersedia dalam hotel ini. Ada beberapa tempat yang menyediakan makanan unggulan di Hotel ini, yaitu The Palm Cafe yang menyediakan makanan dengan cita rasa Meksiko, Italia, Argentina, Perancis dan juga Asia yang buka 24 jam. Banyak yang bisa kita nikamti di Hotel yang Flus dengan Wisata Kuliner ini dengan hidangan lauk-pauk seperti kepiting, udang dll. yang serba wah…. pokoknya datang aja deh…!


Beranjak dari hotel ini, pengin rasakan makanan lain yang masih khas masakan Balikpapan, di kawasan kuliner pantai, pondok dan resto dalam kota tersedia beragam jenis hidangan, ada pepes kepiting, abon kepiting, kepiting goreng, kepiting saos dan berbagai macam rasa kepiting. Menu andalan adalah kepiting rasa saos dandito. 

Rasa saos yang berwarna merah dan kental ini sengaja diciptakan dari hasil eksperimen pemiliknya, bung “Rudy Setiawan” yang telah mencoba selama setahun bermacam-macam bumbu dapur sebelum membuka restorannya yang diberi nama “ Dandito “ sebagai nama dari anak laki-lakinya yang kedua. Kepiting saos dandito hasil campuran dari bumbu serba merah yaitu jahe merah, tomat merah, bawang merah, gula merah, dan cabe merah. Hasil rasa bumbunya begitu pas di lidah rasa campuran asam, manis dan pedasnya. Saos cairan bumbunya agak kental berwarna merah campur orange dan kelezatannya terasa mengalir di lidah sampai ke kerongkongan.

Menu lainnya dari kepiting adalah kepiting saos tiram, asam manis, lada hitam, goreng mentega, goreng bawang putih dan sop kepiting asparagus yang berwarna hitam dan kental juga banyak disukai pengunjung karena rasa pedasnya dari lada hitam sangat menyengat lidah bagi penikmat kuliner yang suka pedas membuat pengunjung ketagihan untuk terus datang berulang-ulang. Pengunjung yang tidak suka makan kepiting ada menu lain seperti udang, ikan, cumi, daging, ayam goreng/bakar, dengan saos yang beragam, juga tambahan sayur lengkap dengan berbagai pilihan pula, yakni : cah kangkung, cah sawi, cah toge, cap cay, dll. Oh, iya… lupa mengenai tarif perporsi, yah… tergantung sesuai pesanan, Kepiting telur satu porsi Rp 117.000, kepiting jantan Rp 100.000, dan kepiting soka Rp 100.000. yang paling murah pepes kepiting hanya Rp 16.500 per bungkus, abon kepiting juga hanya Rp 20.000/bungkus. Duuh…. Puas ya….!?

Sebelum niat balik ke Bandara alangkah baiknya kita keluar kota dulu, hehe…. Sambil nurunkan kolestrol karena habis nyantap makanan enak, juga sekalian liat2 pemandangan wisata alam dengan panorama yang cukup indah, di sini banyak sekali, Sobat. Ada obyek wisata Penangkaran Buaya yang bisa menampung lebih 1500 ekor buaya. Penangkaran ini sebagai memasok bahan baku untuk membuat berbagai macam aksesori seperti : tas, dompet, ikat pinggang dan lain-lain. Ada juga Taman Bekapai yang terletak di Jantung Kota Balikpapan. Di tengah taman ini terdapat sebuah patung berwarna perunggu dengan air mancurnya bila tertimpa sinar dimalam hari akan memunculkan sinar laksana semburan minyak bumi. Juga ada Taman Agrowisata, yang memiliki berbagai koleksi tanaman tropis yang dilengkapi dengan tempat piknik terbuka, rumah panjang Dayak, tempat berkemah, dilengkapi play ground, shelter, tempat parkir dan Musholla. 


Selain itu ada pula Jembatan yang dinamai Jembatang Ulin Kariangau, jembatan ulin dengan panjang lebih dari 700 meter dan lebar hanya 2 meter, hehe… kalau lemah jantungan jangan coba2 lho, meniti di jembatang ini, bisa2 bikin repot teman. Di bawahnya terdapat hutan bakau dengan pemandangan lepas ke teluk Balikpapan menuju ke aktivitas nelayan dan kapal-kapal yang melintas dari Pelabuhan Somber ke Pelabuhan Penajam. Wisata alam lainnya, yaitu Bukit Bangkirai. Wisata alam Bukit Bangkirai dapat ditempuh sekitar satu jam dari Kota Balikpapan. Kawasan ini bagian dari kawasan hutan-hutan tropis yang ada di Kalimantan Timur yang luasnya sekitar 15 juta ha. Kawasan ini selain keasrian hutan alamnya juga terdapat jembatan tajuk dan beberapa jenis satwa langkah seperti burung surga atau burung enggang dan sering menjadi tujuan orang-orang yang akan melakukan riset dan ovservasi alam dengan fasilitas berupa akomodasi yang dapat disewa oleh pengunjung.

Sobat…. sebenarnya masih banyak tempat menarik dan bersejarah belum kita kunjungi seperti Kilang Minyak Balikpapan, Monumen Mathilda, Pantai Strans, Goa Jepang, Meriam Peninggalan Jepang, Museum Tanjungpura, MONPERA ( Monumen Perjuangan Rakyat ) Balikpapan, Monumen Jepang, Perkebunan Salak, Tugu Peringatan Divisi 7 Australia, Lapangan Merdeka dan lain-lain yang masih di kawasan Balikpapan, namun waktu jualah yang mengakhiri jumpa kita.... jika dalam tulisan ini ada nama yang tidak sesuai, Penulis mohon maaf.

Salam sukses semuanya…!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar